internationalrelationsunjani

Just another WordPress.com site

Globalisasi, Teknologi, dan Nasionalisme

Globalisasi, Teknologi, dan Nasionalisme
            Berbicara mengenai teknologi tidak akan terlepas dari perkembangan globalisasi saat ini, teknologi merupakan aspek terdepan dalam pergaulan hidup dunia, dari tingkat lokal sampai internasional, seluruhnya menaruh harapan besar bagi kemajuan teknologi suatu bangsa. Pertumbuhan teknologi saat ini sangat cepat, perkembangannya tidak lagi menutup diri hanya untuk negara-negara maju tetapi sudah menjangkau seluruh negara di belahan dunia ini tanpa memandang maju atau tidaknya negara tersebut, tidak melihat anak-anak, remaja atau dewasa, seluruhnya dapat mengakses teknologi sesuai dengan kebutuhan. Korelasinya antara teknologi dan pelestarian budaya suatu bangsa adalah, bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk melestrikan budaya dan nulai luhur bangsa?
            Tentu pertanyaan ini akan mengundang banyak argumen, tergantung darimana kita menyikapi perkembangan teknologi tersebut. Namun, yang harus kita cermati adalah ketika pesatnya arus teknologi tersebut dapat melunturkan identitas budaya lokal suatu bangsa sehingga mempengaruhi jati diri bangsa itu sendiri. Hal tersebut dapat diantisipasi dengan menanamkan kecintaan terhadap budaya lokal dan nilai luhur bangsa melalui pemanfaatan teknologi.
            Pada intinya teknologi diciptakan, sejak dulu hingga sekarang dengan tujuan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pada saat seseorang, bekerja, berkomunikasi, bahkan untuk mengatasi berbagai persoalan yang muncul dalam kehidupan masyarakat. Dalam perkembangan teknologi saat ini, pengaruh baik buruknya teknologi tersebut kembali lagi terhadap sikap masyarakat. Artinya, bagaimana masyarakat Indonesia memfilterisasi dan selektif dalam memilih hal-hal yang positif dalam pemanfaatan suatu teknologi, untuk kemudian digunakan atau diaplikasikan dalam pelestarian budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia, dan meminimalisir hal negatif yang dapat melunturkan identitas bangsa.
           Berikut adalah beberapa media yang dapat kita gunakan terkait pemanfaatan teknologi sebagai media  untuk melestarikan budaya dan Nilai Luhur bangsa :
·         Blackberry
            Salah satu smartphone yang banyak digunakan oleh seluruh orang didunia, karena banyak berbagai keunggulan yang tidak tidak dimiliki oleh handphone lain, dalam hal ini, pemanfaatan blackberry bisa digunakan sebagai penyampai informasi dari satu individu ke individu lain melalui layanan Blackberry Messanger, disini kita bisa memberi info kepada orang lain, terkait kebudayaan beserta gambar-gambar yang menarik yang dimilki bangsa Indonesia. Sekaligus sebagai media promosi kebudayaan sehingga bisa melestarikan Nilai Luhur bangsa, dan menunjukkan bahwa budaya lokal Indonesia tidak tergerus oleh kebudayaan barat dan hal tersebut merupakan bentuk dimana kita mencintai bangsa Indonesia, melalui layanan BBM, kita dapat berhubungan Interkoneksi.
·         Blog
            Blog adalah salah satu media yang penting digunakan, karena banyak orang yang membuat, memahami, dan membaca sebuah blog. Artinya, sebagai situs yang sering dikunjungi, hal ini bisa dimanfaatkan sebagai media sosial untuk mengenalkan dan melestarikan budaya bangsa Indonesia. didalam blog, dapat dilakukan promosi pariwisata Indonesia, batik, kuliner, olahraga tradisional, alat musik, tarian dan lain-lain. Terlebih saat ini, sudah ada forum untuk komunitas ASEAN, yaitu : ASEAN BLOGGER. Hal ini harus dimanfaatkan untuk eksistensi budaya dan Nilai Luhur Bangsa Indonesia setidaknya di wilayah regional ASEAN.
            Melalui hal tersebutlah, kita dapat mengajak, merangkul dan bersatu sebagai bangsa besar sehingga memperkuat rasa Nasionalisme seluruh rakyat Indonesia untuk selanjutnya tetap mencintai dan bangga terhadap nilai-nilai sosial yang dimilki bangsa, sehingga seluruh nilai positif yang terkandung dapat terlestarikan dan terjaga eksistensinnya.
Written by
Tito Nugroho

6211101015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 10, 2012 by in Artikel mahasiswa, Bahan Kuliah, Uncategorized, Wadah Ekspresi.

Navigation

%d bloggers like this: